Halaman

Jumat, 24 Mei 2013

Spyshot Yamaha-R15 kembali nongol diMakassar……

Bro dan sis sekalian….mendapatkan kiriman gambar penampakan sosok motor berfairing yang diduga sebagai YZF R15 melintas dijalan Perintis Kemerdekaan Makasar. Berkelir hitam….kuda besi tersebut dikendarai menerjang cuaca hujan. Dari gambar terlampir jelas yang terjepret merupakan versi pertama. Berikut penuturan lengkap bro CM….

ekitar 2 minggu lalu, saya ngeliat Yamaha R-15 diMakassar. Lokasi tepatnya d Jl. Perintis Kemerdekaan (pasti bang Iwan nggak tau hahaha…). Kalo saya perhatikan, motornya asli R15 bukan modifan. Spido digital, ada stiker R15 difairing kiri-kanan.  Terus stiker warna emas bertuliskan “Deltabox” dibodi samping (bukan di rangkanya). Tapi yang beda sama Vixion itu lebar bannya sama velgnya mas, kira-kira pakai ban 120 atau 130 untuk ban belakang, dan 100 atau 110 untuk ban depan. Kemudian velgnya mirip Ninja 250 karbu atau velg Chemco…..
Yup…penjabaran yang jelas dan komplit (suwun mzbro). IWB jadi teringat ketika mendapatkan bocoran awal NVL serta JupiterZ1 juga berasal dari Makassar. Kalau kita amati dari gambar, bisa kita lihat tombol pass switch seperti sport Yamaha pada umumnya. Kemudian dashboard konsol speedo…..kekar dan padat. Mengintip jalu stang…bentuk sama plek dengan generasi FZ16. Betul-betul unit yang sama dengan India. Dugaan awal IWB mengatakan bahwa R15 terlampir merupakan unit test ride seperti yang diposting wak Haji Taufik. Namun setelah mendapatkan informasi bro CM bahwa plat yang digunakan berwarna hitam….prediksi tersebut hilang dengan sendirinya. Lho koq bisa??…
Pabrikan lazimnya menggunakan nopol putih huruf merah untuk test ride jalanan. Artinya…..YZF R15 terlampir mungkin merupakan milik perseorangan tanpa terkait pabrikan. Namun bisa saja…YIMM menyeting sedemikian rupa agar seolah-olah tidak terkoneksi dengan project mereka. Entahlah…apapun bisa terjadi. Yang pasti…..dengan makin panasnya isu Yamaha berfairing, spyshoot-spyshoot lain patut ditunggu. Semoga saja menyusul penampakan berikutnya. Ya nggak bro. Buat bro CM, juozzz tenan sharing infonya. Maturnuwun mzbro….(iwb)
Updated : Dipastikan gambar terlampir tidak ada hubungannya dengan project YIMM. Penampakan merupakan kuda besi Vixion modifikasi.



Ninja 250 injeksi laris manis….inden dimana-mana!

Bro dan sis sekalian….banyak pertanyaan mampir ke IWB, kenapa untuk membeli Ninja 250 injeksi kudu inden hingga 1 bulan? Bahkan dibeberapa kota ada yang dari sejak peluncuran hingga sekarang juga belum mendapatkan motor idaman. Setelah ditelusuri, jebule motorsport Kawasaki ini memang laris manis!…
Ketika IWB coba survei disalah satu dealer, menurut infonya antusiasme biker lumayan tinggi. Sementara mereka mendapatkan jatah dari Kawasaki pusat hanya beberapa unit perdealer dengan alasan supaya pembagian merata. Kondisi ini cukup dimaklumi mengingat Ninja 250 FI masih didatangkan langsung dari Thailand. Sedang pasokan negara gajah putih untuk pasar Indonesia infonya hanya 2000 unit perbulan….tidak mencukupi permintaan lokal yang tembus 2500-3000unit perbulan. Byuhhh…podo sugih duit wong Indonesia :mrgreen: ….
Motorsport geng ijo dari tahun ketahun terus berkembang. Khususnya seri Ninja. Entah tipe 150L, 150RR ataupun pararel engine 250 FI. So…jangan mengira hadirnya mesin 4 tak menggilas 2 tak. Dipertegas informasi dari salah satu sales dealer Kawasaki Depok….” Permintaan tetap tinggi mz, tidak terpengaruh oleh produk lain. Pokoknya yang Ninja ya…kalau lainnya sih masih kurang” serunya. “Jangankan Ninja 250, yang 2 tak aja kudu inden koq..! “ Tambahnya lagi. Hhhmmm….ora goyah mzbro. Mau ada bisikan New Vixion atau Raptor pokoke ora urus. Salut!!….
Tidak heran KMI berencana memperluas pabrik mereka diCibitung hingga 15 hektar. Kabarnya, dana 600M sudah disiapkan untuk menghindari mengularnya inden. Sayang….pabrik baru siap ditahun 2014 nanti. So….ingin beli Ninja 250 FI?. Jangan kaget kalau inden brosis, sebab kesalahan bukan pada dealer bersangkutan melainkan karena tingginya permintaan. Laris manis euy….(Iwb)

Lincah mana sih antara Honda CB150R vs Yamaha new Vixion??

Hot topic tentang kedua motor diatas belum juga pudar. Setelah dua minggu dirilis….masih banyak pertanyaan dilontarkan keIWB akan kelebihan dan kekurangan masing-masing kedua besi. Salah satu yang ternyata sering diajukan adalah….kelincahan. Yup….komponen penting yang nampaknya luput dari pembahasan IWB sebelumnya…..
Dalam memilih sebuah produk…..kita kudu jeli menggali tiap jengkal kelebihan dan kekurangan calon idaman. Semua pertimbangan harus melihat unsur fungsi atau kebutuhan yang mzbro inginkan. Apakah irit yang menjadi pertimbangan utama?. Atau handling ?….performa?. Kudu dikupas satu persatu. Nah…dari sekian pertanyaan yang muncul, manuver kelincahan jebule masuk kategori “penting”. Maklum mzbro…..kota Jakarta yang macet menjadi momok menakutkan tiap biker. Jika salah pilih tunggangan…badan bisa terkuras hanya untuk menekuk serta mengendalikan motor. So…..lincah mana antara CB dan NVL (new Vixion)??……
Dua-duanya bisa IWB katakan sama-sama lincah. Namun dalam kacamata pribadi, StreetFire satu level lebih unggul dibandingkan siLightning. Dengan diupgradenya kaki-kaki NVL, efek positifnya motor mengalami peningkatan handling. Tapi sisi negatifnya adalah….kelincahan manuver sedikit tergadaikan. Sementara CB150R….rancang bangun yang memang mengedepankan faktor ramping dan ringan lumayan berhasil merealisasikan dilapangan. Diluar segala teori yang disodorkan seperti sudut kemudi yang lebar (90 derajat), radius putar lebih kecil (1.980m)…motor ini memang terasa “light” dan gampang ditekuk-tekuk. Kelebihan yang akan membuat CB150R superior membelah kemacetan lalu lintas Jabodetabek dibanding kompetitor. Jadi lincah mana antara CB150R dibanding NVL??. Sampeyan sudah tahu jawabannya brosis……….(iwb)